Kecamatan TebasPolitikSambas

Mardani Dorong Pemda Sambas Pertimbangkan Bentuk BUMD untuk Serap Gabah Petani

×

Mardani Dorong Pemda Sambas Pertimbangkan Bentuk BUMD untuk Serap Gabah Petani

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Mardani saat di lokasi penggilingan gabah milik Pak Udang di Pusaka, Kecamatan Tebas, Senin 6 Februari 2023./Istimewa

KLIKSAMBAS.COM, -Anggota DPRD Kabupaten Sambas Fraksi PDIP, Mardani mendorong Pemda Sambas untuk mempertimbangan membentuk BUMD untuk menyerap gabah petani.

Mardani mengatakan, BUMD bisa menjadi alternatif bagi petani yang kesulitan menjual gabahnya saat panen raya.

“Saya dorong Pemda Sambas mempertimbangkan membentuk BUMD untuk menyerap gabah petani. Sehingga bisa mengatur harga agar tidak anjlok saat panen raya,” ujarnya, Senin 6 Februari 2023.

Mardani mengatakan, BUMD bisa menjadi solusi atas masalah petani. Selama ini petani banyak mengeluh harga gabah anjlok saat panen raya.

“Untuk bagaimana ke depannya mempersiapkan landasan hukum dan regulasinya, saya dan teman-teman di DPRD siap membantu,” ujarnya.

Mardani menambahkan, di Sambas belum ada BUMD yang bergerak di bidang jual beli gabah. Walaupun demikian, Pemda Sambas sebenarnya sudah ada rencana.

“Kita bisa berkaca di luar daerah, misalnya Bojonegoro. Mereka berhasil menyerap gabah petani dengan BUMD khusus pertanian yakni PT Pangan Mandiri,” ungkapnya.

Bukan tidak mungkin lajut Mardani, jika Pemda Sambas punya BUMD khusus pertanian, maka potensi akan semakin tergali dan PAD meningkat.

Comment