Kalimantan Barat

Menkumham RI Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kalbar

×

Menkumham RI Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kalbar

Sebarkan artikel ini
Menkumham RI Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kalbar
Menkumham RI Resmikan 61 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Provinsi Kalbar

KLIKSAMBAS.COM, – Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly memberikan penghargaan Anubhawa Sasana kepada 61 desa/kelurahan sekaligus meresmikannya sebagai desa/kelurahan sadar hukum di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa 28 November 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerin Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Muhammad Tito Andrianto dalam laporannya mengatakan sejak tahun 2011 hingga 2019, telah diresmikan 166 desa/kelurahan sadar hukum di Kalimantan Barat.

“Pada hari ini, akan diresmikan tambahan 61 desa/kelurahan sadar hukum dari 30 kecamatan dan 8 kabupaten/kota, sehingga totalnya menjadi 227 desa/kelurahan sadar hukum,” ujarnya.

Ia melanjutkan, tahun 2023 ini, melalui ajang nasional yang diselenggarakan Badan Pembinaan Hukum Nasional yaitu Anugerah Paralegal Justice Award, dua lurah di Kalbar meraih penghargaan yakni Lurah Batu Layang dan Lurah Bangka Belitung Laut.

“Pada kegiatan peresmian desa/kelurahan sadar hukum pada hari ini, Pak Menteri juga memberikan piagam pengukuhan kepada 6 sekolah yang telah mendapatkan kegiatan pembinaan dan pembentukan sekolah sadar hukum dan HAM oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, juga dilaksanakan launching e-book panduan pembentukan sekolah sadar hukum dan HAM karya para penyuluh hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar sebagai panduan bagi kalangan sekolah untuk mulai membentuk kelompok pelajar sadar hukum dan HAM.

Muhammad Tito Andrianto juga mengucapkan selamat kepada Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Widodo Ekatjahjana  yang hadir secara langsung di Pendopo Gubernur Kalbar atas perolehan penghargaan prestisius Gatra Awards 2023.

“Selamat atas penghargaan kategori bidang hukum sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dalam mendorong transparansi, keterbukaan, dan pemberian akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu dan kelompok rentan di Indonesia,” ujarnya.

Sementara, PJ Gubernur Kalbar, Harisson sangat mengapresiasi peresmian desa/kelurahan sadar hukum di Kalimantan Barat. Ia berharap, kegiatan itu menghasilkan manfaat besar.

“Terutama dalam memacu prestasi semua kepala desa/lurah di wilayah Kalimantan Barat agar dapat meraih penghargaan dan dapat bersaing secara sehat dalam membangun desa,” tandasnya.

Editor: Ya’ M. Nurul Anshory