Politik

Ketua Bawaslu Sambas Ingatkan Caleg Dilarang Pasang Baliho Kampanye, Tapi Boleh Sosialisasi?

×

Ketua Bawaslu Sambas Ingatkan Caleg Dilarang Pasang Baliho Kampanye, Tapi Boleh Sosialisasi?

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Yesi Mayasanti/Foto M. Rizaldie/Klik Sambas Media.
Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Yesi Mayasanti/Foto M. Rizaldie/Klik Sambas Media.

KLIKSAMBAS.COM, –Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Yesi Mayasanti mengingatkan para Caleg atau Calon Legislatif, dilarang memasang baliho kampanye.

Yesi mengatakan, tahapan kampanye baru dimulai 28 November 2023, dan para Caleg yang sudah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus mematuhi aturan itu.

“Jangan kampanye dulu sebelum tahapan kampanye dimulai, ingat tahapan kampanye baru mulai 28 November 2023,” tegasnya, Kamis 16 November 2023.

Kendati dilarang memasang baliho bernuansa kampanye sebelum tahapan kampanye dimulai, para Caleg masih dibolehkan memasang baliho sosialisasi atau Alat Peraga Sosialisasi (APS).

“Jadi yang diperbolehkan dalam aturan itu APS. Kalau baliho yang bermuatan APK (Alat Peraga Kampanye) itu dilarang, dan kami sudah tiga kali menyurati Parpol, mengimbau agar mereka menurunkan sendiri,” katanya.

Yesi menjelaskan, perbedaan baliho kampanye dan baliho sosialisasi adalah, APS tidak mengandung unsur citra diri, seperti mengajak orang mencoblosnya, ada nomor urut dan ada Dapil.

“Sedangkan baliho kampanye (APK) itu memuat unsur citra diri. Seperti mengajak, ada tanda coblosnya, ada nama Dapil dan ada nomor urut. Jika tidak ada unsur tersebut, itu masih APS,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam pengawasan ditempatkan satu orang setiap desa. Jika ditemukan masalah, mereka akan melapor ke kecamatan dan diteruskan ke kabupaten.

“Kita di Bawaslu tidak ada kewenangan untuk menurunkan baliho Caleg secara langsung. Jika ditemukan pelanggaran maka kita akan menyurati Satpol PP,” tandasnya.

Editor: Ya’ M. Nurul Anshory