Singbebas

Lapas Singkawang Periksa Kesehatan dan Kejiwaan Penghuni

×

Lapas Singkawang Periksa Kesehatan dan Kejiwaan Penghuni

Sebarkan artikel ini

KLIKSAMBAS.COM, -Lapas Singkawang melakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining kejiwaan penghuninya melalui Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Sabtu 29 Juli 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tahanan dan warga binaan sebanyak 665 orang. Selain itu kegiatan tersebut melibatkan tenaga medis sebanyak 80 orang dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang.

RS Jiwa Provinsi Kalbar, Unit Layanan Disabilitas dan Pendidikan Transisi Kota Singkawang, IPKJI Kota Singkawang, RSUD Abdul Aziz, Rumah Sakit Santo Vincentius.

Rumah Sakit Umum Harapan Bersama, RS TNI-AD TK IV Singkawang, Seluruh Puskesmas Sekota Singkawang, Klinik Poskes, Klinik Polres Singkawang, Klinik BNN dan Klinik Aqila.

Kegiatan Posbindu PTM dan Skrining jiwa tersebut dihadiri oleh Direktur Perawatan, Kesehatan dan Rehabiltasi Ditjenpas, Pj. Walikota Singkawang, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalbar, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang dan stakholder yang terkait pelayanan kesehatan.

Dalam sambutannya Dirwatkeshab, Elly Yusar menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM dan skrening jiwa bagi tahanan dan warga binaan di Lapas Singkawang.

Elly Yusar mengatakan, pemenuhan pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan dengan semangat Pemasyarakatn Maju dengan 3+1 yakni deteksi dini, pemberantasan narkoba dan sinergitas serta back to basic.

“Ini sebagai bentuk sinergitas Lapas Singkawang dengan Pemerintah Kota Singkawang dalam melaksanakan pelaksanaan pelayanan kesehatan secara bersama-sama,” ujarnya.

Sementara, Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, ia sangat mendukung program pelayanan kesehatan di Lapas Singkawang sebagai bentuk peran serta pemerintah setempat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya.

Kemudian, Kalapas Singkawang, Priyo Tri Laksono menambahkan, kegiatan Posbindu PTM dan skrining jiwa bagi tahanan dan warga binaan ini sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan bagi mereka dari pertama kali masuk, ketika di dalam sampai nantinya ia keluar tetap dalam keadaan sehat.

“Kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini terhadap penyakit dan gejala kejiwaan tahanan dan warga binaan. Dengan Posbindu PTM dan skrining jiwa ini diharapkan ketika pertama kali mereka masuk, lalu di dalam sampai mereka keluar tetap terjamin kesehatannya,” ujarnya.