Politik

Rapat Kerja dengan Dinas Dukcapil Sambas, Ketua Komisi I DPRD Tegas Minta Pelayanan Harus Ramah dan Solutif!

×

Rapat Kerja dengan Dinas Dukcapil Sambas, Ketua Komisi I DPRD Tegas Minta Pelayanan Harus Ramah dan Solutif!

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo memimpin rapat kerja dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kamis 20 Juli 2023.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo memimpin rapat kerja dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kamis 20 Juli 2023.

KLIKSAMBAS.COM, –Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo memimpin rapat kerja dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kamis 20 Juli 2023.

Hadir juga Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, Anwari, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas, Wahidah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sambas, Ilham Jamaludin.

Kemudian ada Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Nandes, Hendro Sudomo, dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas.

Figo mengatakan, rapat kerja tersebut sebagai bukti keseriusan Komisi I DPRD Kabupaten Sambas dalam menindaklanuti masalah pelayanan di Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas yang sempat viral.

“Kejadian viralnya Dinas Dukcapil itu sangat disayangkan. Karenanya kami dalam rapat kerja sudah melakukan evaluasi menyeluruh dan memberikan catatan. Pada intinya kami tidak ingin hal serupa terulang kembali,” ujarnya.

Figo mengatakan, Komisi I DPRD Kabupaten Sambas ingin masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang prima sesuai dengan standar pelayanan publik yang tertuang dalam Perda Pelayanan Publik.

“Kita tekankan dalam rapat kerja agar Dinas Dukcapil harus memberikan pelayanan yang ramah, simpatik, humanis dan solutif. Mereka akan menerapkan pelayanan 3 in 1. Untuk membuat 3 dokumen kependudukan, cukup satu berkas permohonan saja,” ujarnya.

Figo mengatakan, pelayanan yang seharusnya bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Karena pelayanan yang lambat itulah dimanfaatkan para calo untuk melancarkan aksinya.

Saat ini lanjut dia, Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas sudah menambah kuota cetak E-KTP perhari yang sebelumnya 50 menjadi 100. Hal itu menjadi lebih baik dari sebelumnya karena ada tambahan dua kali lipat.

“Setelah ada tambahan dari Dirjen Dukcapil sebanyak 5000 eksemplar, Dinas Dukcapil langsung menambah kuota cetak E-KTP menjadi 100 perhari. Kemudian tidak ada lagi sistem prioritas dan tidak prioritas,” katanya.

Figo mengatakan, pihaknya juga mendorong agar ke depan dibentuk UPT di setiap dua kecamatan, guna mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

“Ini membutuhkan sinergitas Pemerintah Desa agar setiap pemohon sebelum mereka mengajukan permohonan, pihak desa memberikan penjelasan tentang persyaratan dan membantu melengkapinya. Supaya tidak bolak-balik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Figo mengatakan, pihaknya mendorong agar ke depan jika kondisi memungkinkan akan melakukan hibah anggaran ke Dirjen Dukcapil untuk menambah kuota blangko E-KTP.

“Kemudian Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas harus gencar mensosialisasikan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Ini bisa menjadi solusi keterbatasan blangko E-KTP dan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan,” pungkasnya.