PolitikSambas

Hasil Pemeriksaan BPK, Laporan Keuangan Bupati Sambas 2022 Raih Opini WTP

×

Hasil Pemeriksaan BPK, Laporan Keuangan Bupati Sambas 2022 Raih Opini WTP

Sebarkan artikel ini
Bupati Sambas, Satono dan Ketua DPRD Sambas, Abu Bakar menerima penghargaan WTP atas laporan keuangan daerah dari BPK RI Perwakilan Kalbar, Selasa 9 Mei 2023./Istimewa

KLIKSAMBAS.COM, -Hasil pemeriksaan BPK, laporan keuangan Bupati Sambas tahun 2022 raih opini WTP. Opini WTP tersebut adalah yang ke enam kalinya secara berturut-turut.

Kepala BPK RI Perwakilan Kalbar, Wahyu Priono menyerahlan langsung penghargaan opini WTP kepada Bupati Sambas, Satono dan Ketua DPRD Sambas, Abu Bakar, di Pontianak, Selasa 9 Mei 2023.

Satono mengucapkan terimakasih atas opini WTP yang ke enam kalinya secara berturut-turut tersebut. Menurutnya, prestasi itu adalah bukti akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang transparan.

“Kita sadar, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah merupakan wujud pertanggung jawaban atas kinerja pemerintah yang menjadi bagian dari amanah masyarakat kepada pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sambas, Abu Bakar mengatakan, opini WTP yang diterima Pemda Sambas adalah bentuk komitmen bersama dalam pengelolaan keuangan daerah.

Ia minta Bupati Sambas segera menindaklanjuti rekomendasi yanh ada dalam Laporah Hasil Pemriksaan (LHP) BPK atas LKPD Bupati Sambas tahun 2022 selambat-lambatnya 60 hari setelah diserahkan.

“Sesuai aturan tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, pemerintah daerah wajib menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh BPK paling lambat 60 hari setelah LHP diterima,” ujarnya.

Selebihnya, Abu Bakar mengucapkan selamat atas opini WTP yang diharih enam kali berturut-turut oleh Pemda Sambas. Baginya, legislatif akan terus mengawal dan melakukan pengawasan atas pengelolaan keuangan daerah agar transparan dan akuntabilitas.