Kecamatan TebasPolitik

Mardani Sebut Sambas Sebagai Lumbung Pangan Kalbar Harus Berkelanjutan

×

Mardani Sebut Sambas Sebagai Lumbung Pangan Kalbar Harus Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Mardani saat di lokasi penggilingan milik Pak Udang di Pusaka, Kecamatan Tebas, Senin 6 Februari 2023./Istimewa

KLIKSAMBAS.COM, -Anggota DPRD Kabupaten Sambas Fraksi PDIP, Mardani mengatakan julukan Sambas sebagai lumbung pangan Kalimantan Barat merupakan fakta.

Mardani mengatakan, Pemda Sambas harus mendukung fakta tersebut, agar Sambas sebagai lumbung pangan Kalbar tetap berkelanjutan.

“Salah satu cara Pemda Sambas mendukungnya yaitu dengan mencarikan pangsa pasar, atau investor yang mau membeli beras dari Sambas,” ujarnya, Senin 6 Februari 2023.

Mardani mengatakan, Sambas memiliki kantung-kantung gabah yang jumlahnya tidak sedikit. Pemda Sambas bisa memanfaatkan pelaku usaha penggilingan untuk memperoleh gabah.

“Salah satu contoh kantung gabah ada di Dusun Beliung, Desa Pusaka, Kecamatan Tebas. Di sana ada penggilingan padi milik Pak Udang yang jumlahnya 25 ton sekali giling,” ungkapnya.

Mardani mengatakan, Pemda Sambas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan harus melakukan upaya-upaya yang bisa membuka pangsa pasar bagi pelaku usaha penggilingan.

“Kita mampu menyediakan bahan baku gabah sebanyak yang diminta, tapi sedaiakan dulu pasar yang mau membeli dengan harga tinggi,” ujarnya.

Comment