Politik

Ketua Komisi I DPRD Minta KPU Sambas Lakukan Kajian Komprehensif Terkait Penataan Dapil

×

Ketua Komisi I DPRD Minta KPU Sambas Lakukan Kajian Komprehensif Terkait Penataan Dapil

Sebarkan artikel ini
Lerry Kurniawan Figo
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo./Istimewa.

KLIKSAMBAS.COM, -Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengatakan, usulan penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD di Pileg 2024 dari 5 Dapil menjadi 7 Dapil perlu kajian yang lebih komprehensif.

Lerry Kurniawan Figo berpendapat, penataan Dapil dilakukan karena pertama, adanya perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan alokasi kursi dalam satu daerah pemilihan melebihi batas maksimal dan atau kurang dari batas minimal yang ditentukan oleh undang-undang.

“Nyatanya tidak ada satupun Dapil yg melebihi atau kurang secara undang-undang,” ucapnya.

Kedua lanjut Figo, adanya pemekaran wilayah atau bencana alam. Nyatanya tidak ada. Ketiga terdapat Dapil pada Pemilu sebelumnya bertentangan dengan prinsip-prinsip penataan Dapil.

“Saat ini masih tetap dalam batas undang-undang Pemilu, yaitu minimal 3 sampai 12 kursi. Sekarang pertanyaannya apa yang mau ditata. Secara hukum Dapil lama sudah benar dan terpenuhi,” ujarnya.

Kemudian lanjut Figo, secara filosofis Pemilu yang sudah berjalan sudah sangat adil dan demokratis baik kualitas dan kuantitas.

Lalu timpal dia, secara sosiologi masyarakat sudah merasa sudah nyaman dan punya ikatan emosional dengan dewan serta sudah merasa terwakili dengan tidak dicalon di Dapil tersebut.

“Ini sama saja kita mengebiri hak pilih mereka. Apalagi kebijakan ini sangat mendadak tanpa sosialisasi kepada masyarakat di bawah. Akhirnya banyak masyarakat yang tidak kenal dan resah karena figur calon yang akan di ujung dan di pilihnya ini tentu akan mengurangi kualitas Pemilu 2024,” pungkasnya.

Comment