PolitikSambas

Fraksi PDIP: Pemda Sambas Harus Fokus Tingkatkan Kesejahteraan di APBD 2023

×

Fraksi PDIP: Pemda Sambas Harus Fokus Tingkatkan Kesejahteraan di APBD 2023

Sebarkan artikel ini
Melani Astuti saat mewakili Fraksi PDIP menyampaikan pandangan fraksi terkait Raperda APBD 2023./Dok Humas DPRD Sambas

KLIKSAMBAS.COM, -Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Sambas melalui Juru Bicaranya, Melani Astuti, menyampaikan Pandangan Umum atas Raperda APBD 2023, Rabu 19 Oktober 2022 kemarin.

Melani mengatakan Fraksi PDIP selalu mengingatkan Pemerintah Kabupaten Sambas agar fokus dan prioritas dalam membuat kerangka penggunaan anggaran.

“Hal itu untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang baik dan pendapatan masyarakat yang lebih baik,” ucapnya.

Melani mengatakan, tahun-tahun berjalan posisi PAD masih belum mampu menunjukan proporsi di atas 10 persen dari besaran APBD di tahun berjalan.

Oleh karena itu lanjut Melani, seharusnya APBD mampu menjadi daya ungkit peningkatan pendapatan daerah yang implusnya akan memberi penyegaran pada perkembangan ekonomi masyarakat luas.

“Seharusnya APBD dipresepsi sebagai stimulan utama mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi menuju kemandirian daerah. Instrumen ukur akan terlihat pada pendapatan asli daerah, bilamana pendapatan asli daerah menunjukan peningkatan maka secara umum, berfungsilah APBD yang di rencanakan dan sebaliknya bila rutinitas APBD di rencanakan namun tidak memberi efek pada peningkatan pendapatan asli daerah maka posisi peran APBD tidak lebih hanya rutinitas,” paparnya.

Melani mengatakan, Fraksi PDIP berpendapat bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dapat meningkatkan iklim investasi yang baik, dan menerapkan kebijakan umum.

Fraksi PDIP lanjut Melani, menyarankan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas harus meningkatkan kualitas dan produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui beberapa peningkatan program.

“Diantaranya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat, pengembangan seni budaya dan pariwisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Sambas. Berkurangnya dana dari pusat untuk Kabupaten Sambas tahun 2023, harus menyusun belanja daerah seefisien munkin dan tepat sasaran,” ujarnya.

Melani juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas melalui OPD diharapkan lebih giat dan aktif dalam menyiasati agar mendapatkan dana insentif daerah sebagai upaya peningkatan pendapatan.

Melani meyakini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas melalui OPD telah mempunyai program kegiatan sebagai strategi dalam peningkatan pendapatan daerah.

“Kami dan tentunya kita semua berharap rancangan peraturan daerah ini yang nanti nya akan menjadi peraturan daerah yang mampu menjawab kebutuhan, permasalahan, tantangan dan kondisi saat ini dan yang akan datang dan akhirnya APBD 2023 yang akan dilaksanakan dapat menjadi instrumen dalam upaya mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sambas,” pungkasnya.

Comment