Kecamatan SelakauPolitik

Ketua Komisi II Melani Astuti: Nelayan Selakau Keluhkan Masuknya Kapal Cantrang

×

Ketua Komisi II Melani Astuti: Nelayan Selakau Keluhkan Masuknya Kapal Cantrang

Sebarkan artikel ini
DPRD Kabupaten Sambas, Melani Astuti saat hearing dengan nelayan./Foto DPRD Kabupaten Sambas.

KLIKSAMBAS.COM, -Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Melani Astuti mengatakan pihaknya telah mendengar aspirasi nelayan di Kecamatan Selakau yang mengeluh tentang masuknya Kapal Cantrang.

Selain itu nelayan juga mengeluh tentang operasional kapal pengangkut ikan dan kapal bongkar muat ikan dari luar Provinsi Kalbar saat hearing ke DPRD, Selasa 4 Oktober 2022 kemarin.

“Dari pertemuan dengan nelayan yang dihadiri Dinas Perikanan kemarin. Kami mendapat informasi bahwa izin kapal penampung dan pengangkut diproses di provinsi dan pusat,” ujar Melani Astuti, Sabtu 8 Oktober.

“Operasional kapal dengan ukuran tertentu sudah ada aturannya, dan memang dibolehkan. Sementara apa yang dikeluhkan nelayan Kecamatan Selakau itu, mereka berharap Pemerintah Daerah dapat mencarikan solusi,” sambung Melani.

Legislator PDIP itu mengatakan, nelayan di Selakau ingin ada jaminan harga jual mereka tidak kalah saing dengan Kapal Cantrang.

“Selain itu dampak operasional Kapal Cantrang di perairan Selakau, mereka sulit dapat solar subsidi. Karena solar lari ke Cantrang dan operasional mereka membengkak akibat kalah saing,” ungkapnya.

Melani mengatakan harus ada perhatian semua pihak baik itu pemangku kebijakan maupun pengawas di lapangan soal masalah para nelayan tersebut.

Comment