NasionalPolitikSambas

Ekspor CPO Kembali Dibuka, Legislator Gerindra Sambas Bui Kiong, Sambut Baik Kebijakan Presiden

×

Ekspor CPO Kembali Dibuka, Legislator Gerindra Sambas Bui Kiong, Sambut Baik Kebijakan Presiden

Sebarkan artikel ini

KLIK SAMBAS, -Larangan ekspor CPO telah berakhir, Legislator Partai Gerindra, sekaligus petani sawit di Kabupaten Sambas, Bui Kiong menyambut baik kebijakan Presiden Jokowi.

Hari ini, Presiden Jokowi telah membuka kembali keran ekspor CPO ke luar negeri. Kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada hari Senin 23 Mei 2022.

“Selaku anggota dewan sekaligus petani sawit di Kabupaten Sambas, saya mengapresiasi dan terimakasih kepada Presiden Jokowi atas kebijakan pencabutan larangan ekspor CPO,” ujarnya.

Bui Kiong menuturkan, pencabutan larangan ekspor akan berdampak pada kenaikan harga TBS.

“Setelah ada larangan ekspor CPO, harga TBS anjlok. Saya harap dibukanya keran ekspor CPO ini akan membuat harga TBS kembali seperti semula yakni Rp.3000 sampai Rp.4000,” harapnya.

Bui Kiong mengatakan, walaupun larangan ekspor CPO membuat petani sawit menjerit, tapi Presiden Jokowi telah berani menunjukkan bahwa Negara Indonesia adalah Macan Asia.

Kebijakan yang dia keluarkan itu bahkan telah mempengaruhi stabilitas ekonomi dunia khususnya negara di Eropa.

Di sisi lain, Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, juga mendukung kebijakan Presiden Jokowi.

Harapan Legislator Partai Nasdem Kabupaten Sambas itu, dengan dibukanya ekspor CPO, mudah-mudahan akan berdampak baik bagi harga TBS petani sawit mandiri.

“Kita ketahui bersama, bahwa di Kabupaten Sambas ini banyak petani sawit. Saya tentu sangat mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang membuka kembali ekspor CPO ke luar negeri. Karena akan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Sambas,” ujarnya.

“Dapat kita simpulkan jika memang harga TBS naik di kisaran Rp.3000 sampai Rp.4000 setelah kebijakan ini diberlakukan, laju perekomian di Kabupaten sambas tahun depan biasa naik 3 sampai 5 persen,” timpalnya.